seminari alkitab asia tenggara seminari alkitab asia tenggara malang jawa timur
Renungan di tengah keraguan.

Yohanes 10:14-15, 27-28

Kematian hanyalah "selingan" antara dua kehidupan.

Pernahkan kita takut akan kematian? Saya rasa itu adalah hal yang wajar bagi kita manusia untuk merasa takut akan kematian. Kematian adalah sesuatu yang tidak kita ketahui dan bayangan akan surga dan neraka menambah daftar ketakutan kita karena kebanyakan dari kita berpikir kita tidak cukup baik untuk surga. Dengan segala keraguan ini, adakah harapan bagi kita?

LANJUT YU

Harapan dan Kristus.

Jawabannya, ada! Sungguh menggembirakan bukan? Dalam Yohanes 10:1-21, Yesus menjelaskan kepada orang-orang Yahudi bahwa Dia adalah gembala yang baik. Yesus mengontraskan diri-Nya dengan gembala upahan yang pergi jika binatang buas datang menyerang kawanan domba. Yesus bahkan menyatakan bahwa Dia memberikan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya. Inilah harapan kita bahwa kematian Kristus membawa kita kepada pengharapan akan kehidupan setelah kematian yang bahagia bersama Tuhan.

Kematian Kristus adalah tanda kasih yang begitu besar sebagai gembala yang baik. Dia memberikan nyawa-Nya di kayu salib agar kita orang berdosa dapat kembali berhubungan dengan Allah (bahasa kerennya didamaikan dengan Allah). Lalu apa hubungannya dengan kematian? Jika kita percaya bahwa Yesus Kristus adalah juruselamat kita, maka keselamatan adalah milik kita. Apakah saat ini sudah percaya pada Kristus yang menebus dosa Anda? Jika belum, terimalah Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat hidup Anda!

Keselamatan yang pasti bukan "moga-moga".

Selain itu, keselamatan kita ini dijamin oleh Kristus. Artinya keselamatan kita tidak akan hilang. Yesus secara jelas memberikan jaminan ini pada ayat 28 “… tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku”. Jaminan keselamatan orang Kristen tidak terletak pada tangan manusia atau hati manusia yang dapat berubah-ubah. Kadang kita merasa begitu percaya pada Allah namun kadang kita meragukan kasih dan keselamatan yang Allah berikan. Jaminan keselamatan kita tidak tergantung pada kita sendiri tapi pada tangan Allah yang berkuasa. Kita pasti akan selamat jika kita percaya kepada-Nya!

dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

Yohanes 10:28

Bagaimana dengan kamu?

Sungguh pengharapan yang luar biasa yang diberikan Kristus kepada kita! Mulai sekarang jangan lagi takut akan keselamatan kita karena itu sudah dijamin oleh Kristus. Dialah yang memegang kita dan menjaga kita sampai kita bertemu dengan-Nya di surga. Inilah pengharapan kekal orang Kristen, apalagi yang perlu kita takutkan?

Bisa di-share juga nih...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.