Kriteria pasangan hidup menurut Amsal 31

Bagaimana kriteria jodoh menurut Amsal?
Mulai

Cinta adalah hal yang indah. Di tangan orang yang tepat.

Mencintai adalah salah satu kebahagiaan yang Tuhan karuniakan kepada manusia. Bagi orang yang akan menikah, tentu cinta adalah bekal awal dalam pergumulan mereka untuk menikah. Namun menikah tidak semudah yang dibanyangkan. Gary Thomas dalam bukunya The Sacred Search menyatakan bahwa 10 tahun pertama pernikahan akan menghasilkan air mata. Air mata? Ya, air mata. Air mata kebahagiaan atau kesedihan. Maka dari itu, menjadi sangat penting untuk memilih pasangan hidup. Pada tulisan ini, aku mau berbagi mengenai “kriteria jodoh” untuk memilih jodoh. Kali ini menurut versi Kristen, lebih spesifiknya menurut kitab Amsal 31:10-31.

Tapi sebelum itu, aku mau bilang kalau aku masih single yang sedang mencari pasangan hidup juga. Nggak salah kan ya berbagi apa yang aku tahu? Lanjut!

Amsal ini bukanlah sebuah tulisan yang too good to be true. Dalam terang anugerah Allah, kita bisa melihat ini sebagai cara kita mengenal Allah dan bagaimana kita menjadi umat-Nya. Setidaknya ada 2 bagian besar yang bisa kita lihat di bagian Amsal ini. Yuk kita lihat satu per satu sambil kamu siapin catatan supaya nanti kalo ketemu cewe (atau cowo) bisa langsung di-checklist apakah masuk atau nggak kriterianya.

Cek juga podcast-nya!

1. Kehidupan yang berhikmat

Bagian ini aku langsung simpulin ya dari pembacaan aku dari bagian ini. Siapin Alkitab kalian juga supaya bisa langsung dibandingin!

  • Dapat dipercaya (ayat 11)
  • Saling mendukung dan membangun (ayat 12)
  • Suka bangun pagi! (ayat 15)
  • Semangat dalam menjalani kehidupan (ayat 17)
  • Rajin! (ayat 13, 18)
  • Peduli dengan kehidupan pribadi (ayat 16, 18, 21, 27)
  • Peduli dengan kehidupan orang lain (ayat 20)
  • Bijak menggunakan mulutnya (ayat 26)

Oke bisa dicatat ya! Bagaimana menurut kalian? Apakah udah ada 1 nama yang muncul di pikiran kalian? Kalo iya, mungkin dia orangnya! Upss….

2. Takut akan TUHAN

Amsal ini akan menjadi sebuah pengajaran moral semata (moralisme) tanpa poin yang kedua ini. Begitu juga pasangan kita nanti. Perbuatan moral yang tidak disertai dengan takut akan Tuhan adalah kesia-siaan belaka. Tentu Tuhan yang dimaksudkan di sini adalah Allah Tritunggal. Artinya secara praktis adalah, nikahilah seorang pengikut Kristus. Tanpa pengenalan akan Kristus maka segala kecantikan dan kebaikan wanita akan percuma (ayat 30). So, jangan pacari atau malah menikahi orang yang tidak mengenal Kristus ya!

Oke, selesai!

Sebelum sampai pada bagian ini, Amsal 31:3 memperingatkan kita untuk menjauhi perempuan yang dapat menjatuhkan. Dalam perenungan dan pembelajaran aku mengenai kitab ini, perempuan yang nakal menjadi sebuah peringatan yang keras oleh Amsal untuk dihindari (contohnya Amsal 5). Gambaran mengenai perempuan menjadi terasa “berat sebelah” dalam benakku. Namun setelah membaca Amsal 31:10-31 aku menjadi begitu terkagum-kagum dengan namanya wanita. Sungguh luar biasa Allah dapat menciptakan pendamping sedemikian baik seperti ini! Perempuan seperti ini ternyata tidak sembarangan dan sangat dapat dibedakan dengan yang tidak benar. 

Takut akan Tuhan adalah kecantikan yang tak terkalahkan

Dari mana dapat dibedakan? Dari pengenalannya akan Tuhan. Takut akan Tuhan adalah kecantikan yang tak terkalahkan (walaupun kecantikan fisik juga perlu tentunya). Jika kalian merasa perempuan yang tak berharga karena tidak takut akan Tuhan atau sudah jatuh pada dosa tertentu, ingatlah akan kasih Tuhan Yesus kepadamu. Kamu berharga! Bukan karena kamu demikian, tapi karena Kristus begitu mengasihi kamu dan aku sehingga ia memberikan kita kesempatan baru untuk sebuah kehidupan yang memberkati dan diberkati. Kristus adalah jalan satu-satunya menuju “Amsal 31:10-31”. Dan ketika kita mampu menjadi seperti yang dituliskan Amsal 31:10-31, maka respon yang paling tepat adalah To God be the Glory!

Selamat mencari bersama Tuhan!

Tentang Penulis

Mau share tulisan ini?

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments