Review Zenfone 10 ala Bima

Emang boleh seimut ini?
Mulai

Asus Zenfone 10 8/128GB Eclipse Red - My Rating

Review Zenfone 10 ala Bima Diary – Bima Anugerah, Mahasiswa Teologi STT SAAT

Halo teman-teman semua! Pada tulisan ini aku mau berbagi pengalamanku menggunakan Asus Zenfone 10 sebagai daily driver-ku saat ini. Btw, beberapa bagian dari tulisan ini aku tulis ketika aku lagi di bus Transjakarta 1A tujuan Pantai Maju (macet banget guys!). Nulisnya pake apa? Ya pake Zenfone 10 dong!

Zenfone 10 ini aku beli pada 27 Desember 2023 untuk menggantikan ponsel Vivo V9 6GB yang sudah aku pakai selama kurang lebih 5,5 tahun. Ponsel ini aku beli di Erafone Paal 2 Manado (cek online-nya di sini).

Well, satu hal yang aku rasakan setelah upgrade adalah, โ€œWow upgrade HP 5,5 tahun tuh berasa banget ya!โ€ Yap! Seberasa itu! Mulai dari kualitas layar, kamera, bahkan sensasi sentuhan ke layar Zenfone 10 yang dilapisi Gorilla Glass Victus tuh beda banget!

Setidaknya ada 4 poin penting yang bisa aku bagiin di tulisan ini tentang Asus Zenfone 10.

1. Desain Zenfone 10 imut,
beda sendiri! ๐Ÿฅน

Review Zenfone 10 ala Bima Diary – Bima Anugerah, Mahasiswa Teologi STT SAAT

Yup Zenfone 10 emang seimut itu! Dengan layar yang ukurannya hanya 5.9 inch, Zenfone 10 bisa dengan mudah masuk ke kantong celana atau baju. Khusus untuk kantong baju, ini sebuah hal yang ajaib sebab itu ga bakal terjadi di Vivo V9 yang aku pake dulu.

Ukuran Zenfone 10 ini kira-kira seperti iPhone 13 Mini. Perlu diketahui, iPhone 13 Mini sedikit lebih kecil lagi dibandingkan Zenfone 10. Namun, bagiku si Zenfone 10 ini malah sweet-spot banget, ga terlalu kecil, ga terlalu besar juga.

Ketika nulis artikel ini dengan si Zenfone 10, perlu diakui bahwa jariku perlu banyak penyesuaian mengetik di keyboard-nya yang lebih kecil. Ya mau gimana lagi ya, aku udah terbiasa pake HP besar selama lebih dari 5 tahun. Well, tinggal butuh penyesuaian lebih lama lagi aja sih menurutku.

2. Baterai awet banget! ๐Ÿ”‹

Perlu diakui bahwa body kecil Zenfone 10 ga mengkompromikan ketahanan baterainya! Dengan baterai berkapasitas 4300mAh, Zenfone 10 dengan sangat mudah bertahan seharian dalam penggunaan sehari-hariku.

Yang aku suka banget dari Zenfone 10 ini tuh fitur Battery Care yang dikasih Asus. Khususnya fitur charging limit yang bisa membatasi pengisian daya hanya sampai 80%. Tujuannya agar membuat baterainya lebih awet.

Review Zenfone 10 ala Bima Diary – Bima Anugerah, Mahasiswa Teologi STT SAAT
Zenfone 10 sudah mendukung pengisian daya nirkabel 15W

Aku pake fitur ini sehingga full charge sehari-hariku ya 80%. Apakah jadi Zenfone 10 jadi jelek ketahanannya? Anehnya, nggak! Aku masih dengan mudah menyelesaikan hari dengan baterai tersisa di bawah 10%. Tentu lebih aman 100% sih, but itโ€™s okay buatku di 80%.

Fitur-fitur lain yang perlu diberi apresiasi adalah hadirnya wireless charging, kepala charger 30W yang tersedia di kotak penjualan, dan kecepatan pengisian baterai yang lumayan cepet.

3. Kamera bagus! ๐Ÿ“ธ

Kamera Zenfone 10 bisa dibilang dapet diandelin untuk mengabadikan momen sehari-hari. Kameranya memiliki formasi 50MP wide (IMX766), 13MP ultrawide, dan kamera depan 32MP (pixel-binning jadi 8MP).

Yang paling aku suka dari kamera Zenfone 10 ini adalah kemampuan videonya yang luar biasa stabil! Enak banget dipake buat vlog. Asus namain fiturnya sebagai 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 2.0. Ya walaupun perlu diakui kamera depannya malah kurang bagus ya buat video. Kok bisa gitu? Iya karena crop-nya gede banget buat stabilin videonya. Resolusinya pun mentok di 1080p30 ๐Ÿ™ 

Contoh video yang aku rekam pake Zenfone 10

Beberapa video YouTube-ku juga diambil pake kamera Zenfone 10. Khususnya segmen #PKLSTDiaryVlog semuanya direkam pake kamera Zenfone 10.

Masukan nih buat Asus, kok shutter lag di Zenfone 10 ini kerasa banget ya? Padahal chipset yang dipake udah kenceng loh, kenapa ada delay ya pas klik tombol shutter kamera? Mohon diperbaiki nih Asus ๐Ÿ˜Œ

4. Special Note untuk fitur Digital Wellbeing!

Jadi tuh Zenfone 10 udah mendukung Android 14 (per Jaunari 2024). Pas beli sih Android 13, tapi Asus cukup cepat kasih update Android 14 ke Zenfone 10. Nah, aku gatau juga ya fitur Digital Wellbeing ini udah ada dari Android berapa, cuma ada nih di Zenfone 10 dan itu fitur bagus banget!

Review Zenfone 10 ala Bima Diary – Bima Anugerah, Mahasiswa Teologi STT SAAT

Salah satu fiturnya tuhย Heads Up. Jadi si Android bakal ngingetin kalo kita pake HP-nya sambil jalan. Nah, fitur ini tuh ingetin aku sama khotbah Ko Wim (Dosen STT SAAT) di salah satu Chapel Rabu. Beliau pernah ngomong tentang kalau bisa nih jangan pake HP sambil jalan! Nikmatin lah perjalanan itu. Lihat alam yang Tuhan udah kasih. Sapalah orang-orang di jalan.

Fitur ini selalu ingetin aku dengan khotbah itu. Tentu, sebagai calon hamba Tuhan sepertinya memang ada baiknya jangan menggunakan HP sambil jalan. Gimana menurutmu?

Kesimpulan

Untuk segi performa udah ngga aku bahas ya karena ponsel ini terlampau kenceng. Zenfone 10 pake chipset Snapdragon 8 Gen 2 ditambah RAM 8GB dengan jenis paling kenceng, LPDDR5X. Ditambah lagi penyimpanan 128GB UFS 4.0, coba deh search tentang UFS 4.0 mungkin kalian bakal kaget speednya.

Speaker-nya juga mantap bener guys! Belum lagi fitur 3.5mm headphone jack yang udah jarang di dunia HP saat ini. Layar AMOLED yang jernih. Desain cakep. Kaca layarnya yang halus banget, tahan gores, dan ada lapisan tahan air gitu. Btw, Zenfone 10 udah tahan air IP68 ya guys. So, Zenfone 10 ini bukan hanya memberikan spek bagus di atas kertas, tapi emang kasih pengalaman pemakaian yang bagus juga.

Oke demikian review singkatku. Overall, aku sangat bersyukur bisa ganti HP baru dan sangat puas dengan Zenfone 10. Cocoklah buat kalian juga yang mungkin pengen ganti HP baru dengan harga di bawah 10 juta. Zenfone 10 ini layak dilirik karena dijual Rp8.499.000 di Indonesia. Terima kasih sudah membaca sampai selesai! ๐Ÿ’›

Tentang Penulis

Mau share tulisan ini?

5 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments