mulai kuliah lagi, bima anugerah, blog
Ga terasa waktu berjalan sangat cepet ya temen-temen :)
stt saat malang, pendaftaran stt saat malang, alamat stt saat malang, asrama stt saat, jurnal stt saat, akreditasi stt saat malang
Tanggal 8 Juli 2020.

Waduuuu... Udah mulai aja πŸ™‚

Sebenarnya aku udah mulai kuliah sejak tanggal 6 Juli 2020 cuma baru hari ini aja mulai nulis (hehehe). Kok udah mulai sih?? Baru aja tanggal 6 Juli -_-. Aku tau kamu pasti nanya ini πŸ™‚ Jawabannya tanya dosen Teologi Sistematika 2 saya, pak Daniel Lukas Loekito. Beliau menginginkan kuliah TS 2 (singkatan untuk matkul ini) diajukan dan diintensifkan. Waduh apaan tuh intensif intensif. Tenang… Maksudnya kuliahnya itu dipadatkan jadi cuma 2 minggu (10 hari efektif) terhitung mulai tanggal 6 itu. Terus 1 semester kedepan ngapain? Yaudah, selesai kuliahnya untuk matkul ini (HEHEHEHE)… Menurut kamu gimana? Btw kuliahnya secara resmi memang belum mulai ya untuk semester baru.

LANJUT

Kuliah TS 2 itu belajar apa sih?

Ini dosen aku di matkul TS 2, pak Daniel.

Nah aku mau bagiin dikit tentang kuliah aku yang satu ini. Ini kan cuma ada di kuliah teologi ya, jadi bisa lah aku jelasin ya walaupun bukan pro πŸ™‚ Teologi Sistematika itu adalah mata kuliah yang belajar tentang doktrin-doktrin yang ada di dalam Alkitab. Contohnya doktrin Allah (atau nama kerennya teologi proper) atau doktrin Alkitab atau bahkan doktrin tentang keselamatan manusia. Ini semua adalah rangkuman dari penggalian teolog biblika. Waduh baru lagi istilahnya bimm! Tenang…Β 

Teologi biblika itu teologi yang berkonsentrasi pada satu bidang tertentu yaitu Alkitab. Mereka menggali Alkitab secara khusus (atau particular). Nah nanti teolog sistematika merangkum itu semua menjadi sebuah teologi yang sistematis dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dunia tentang Allah, manusia, dll. Gituuu… Bisa dimengerti ga?? πŸ™‚ Nah aku dapet video bagus banget tentang Allah orang Kristen yang tadi diputer pas kuliah. Barangkali temen-temen ada yang bingung dan mau belajar kan πŸ™‚

Enak ga sih udah mulai kuliah?

Hmmmmmm :)) Kalo bilang “nggak” jangan-jangan dapet C nanti nih (HAHAHAHA). Di satu sisi kuliah TS ini adalah matkul favorit aku, jadi ya aku seneng-seneng aja sih. Lagian udah bosen banget ga ngapa-ngapain di rumah. Yang ga enak mungkin tugasnya aja ya. WAH BIM AKU BILANGIN KAMU KE PAK DANIEL! Waduhhh!! Jangan boss!! HAHAHAHAHA… Ya masa sih mau membohongi diri sendiri πŸ™‚ Susah tau tugasnya hehehehe… Tapi walaupun sulit ini menjadi tantangan yang tersendiri buat aku.Β 

Tugasnya buat video yang topiknya tentang matkul ini yaitu tentang Allah dan manusia. Bayangin ya, aku harus mencoba membuat video tentang doktrin-doktrin gini πŸ™‚ Tapiiii… Ini adalah tugas yang menurut aku paling kontekstual di masa kini. Video seperti ini bisa ditonton oleh berbagai orang dan membantu mereka mengenal Allah bukan?Β Daripada kita buat jurnal atauΒ paperΒ teologi yang belum tentu orang awam ngerti, ada baiknya kita mencoba membuat video semacam ini. Doakan ya supaya aku bisa buat videonya πŸ™‚

Belajar apa nih di semester 3?

Ini rancangan matkul untuk angkatan aku tahun 2020 semster ini.

Lebih lengkapnya bisa liat di gambar yaa… Menurut aku, semester ini cukup padat dan sulit sih dibandingkan semster lalu. Yang paling aku takutkan itu Bahasa Yunani II (yang notabene kek level 2-nya) sama Psikologi Umum. Matkul yang terakhir kayak dari dunia yang berbeda ya (HAHAHAHA) tapi penting juga sih untuk pelayanan nanti. Yang masih aku bingung kenapa Kewarganegaraan dan Pancasila dipisah ya? Hmmmm… Tapi nantilah aku liat apa bedanya. Soalnya kan di SMA digabung kan ya πŸ™‚ Untuk masalah tugas kelihatannya akan lebih banyak dibandingkan semster lalu. Karena semester lalu juga karena ada peralihan dari offline ke online, maka banyak tugas yang disesuaikan dengan kondisi itu. Tapi sekarang udah full online jadi seharusnya tugasnya jadi banyak lagi HAHAHAHA….

KALO KAMU?

Kalo kamu udah mulai kuliah belum?

Teman-teman yang udah mulai kuliah kayak aku ataupun yang belum, ayo kita mulai semester baru ini bersama Tuhan. Aku juga takut sih menghadapi semester 3 yang matkulnya, aduh udah banyak lah SKS-nya. Mulai dari Bahasa Yunani yang sulit sampe belajar Psikologi Umum, semua ada di semester 3 ini. Ada ketakutan dalam diri aku. Tapi aku diingatkan pak Daniel dalam renungan hari pertama kuliah, bahwa kita ga usah takut karena ada Tuhan yang menolong kita dalam kuliah ini. Tuhan bisa memakai kelemahan-kelemahan kita untuk kemuliaan-Nya. So, bagi temen-temen yang insecure atau takut menghadapi kuliah, ingat firman Tuhan di Filipi 4:13 bahwa Dialah yang memberi kita kekuatan. Sudah siap mengarungi semster baru?

Filipi 4:13

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Selamat memulai kuliah guys!

Bisa di-share juga nih...

3 tanggapan untuk “Mulai kuliah (lagi).”

Semangat Bima, tetap berjuang dan mengandalkan Tuhan, Tuhan akan memakai kelemahan2 kita untuk membuat hal yg besar. Ingat Musa dipakai Tuhan untuk memimpin bangsa Israel ke luar dari Tanah Mesir menuju Tanah Perjanjian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.